Selain Septic Tank, Warga Jakbar yang BAB ke Kali Butuh Pengolah Limbah

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 07 Okt 2019 08:26 WIB
Potret Warga di Tanjung Duren Jakarta Barat (Jakbar) yang Tak Punya Septic Tank dan Buang Kotoran ke Kali/ Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom
Jakarta - Permukiman di Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, kedapatan membuang limbah kotoran rumah tangga ke kali. Septic tank akan dibangun. Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Edy Mulyanto, mengusulkan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal sebagai solusi.

"Solusinya IPAL komunal. Jadi mereka (kotoran warga) itu ditampung," ujar Edy ketika dihubungi detikcom, Senin (7/10/2019).

Dalam penampungan itu, kotoran akan dikelola menjadi air bersih. Sehingga, air itu dapat dibuang ke kali serta dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.

"Kemudian (air) dikelola semacam pintu air lah sebelum dibuang ke kali, dia diproses dulu, jadi tetep airnya nanti jadi bersih. Contoh di asrama saya itu dipakai buat melihara ikan mas," ujar Edy.



Soal IPAL komunal, Edy mengatakan telah ada pembicaraan di kalangan masyarakat. Bahkan, klaim Edy, warga hendak bekerja sama untuk membangun IPAL komunal secara pribadi.

"Lurah sih minta spesifikasi pembuatan IPAL komunal, kalau misalkan Pemda belum menganggarkan di tahun ini, masyarakat mau tuh swadaya," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2