detikNews
Senin 07 Oktober 2019, 08:17 WIB

Pemkab Gianyar Sulap Bekas Pembuangan Sampah Liar Jadi Hutan Kota

Aditya Mardiastuti - detikNews
Pemkab Gianyar Sulap Bekas Pembuangan Sampah Liar Jadi Hutan Kota Pemkab Gianyar ubah tempat pembuangan sampah liar jadi hutan kota (Foto: dok. Istimewa)
Gianyar - Tukad mati atau jurang di Blahpane, Gianyar, Bali yang sempat menjadi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) liar kini ditata menjadi hutan taman kota. TPA liar tersebut kini mulai diurug dan bakal ditata makin asri.

"Ya, sesuai perintah Pak Bupati. TPA Liar akan kita jadikan hutan taman kota, sekarang dalam proses pengurukan dan rekanan sedang melakukan pengurukan. Selanjutnya akan ditata dan dijadikan hutan taman kota sesuai konsep Pak Bupati," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gianyar Wayan Kujus Pawitra, Senin (7/10/2019).



Kujus mengatakan konsep hutan taman kota ini tak cuma menjadi lahan penanaman pohon semata. Dia berharap hutan kota dari lahan bekas tempat pembuangan sampah liat ini bisa menjadi obyek wisata baru.

"Kita akan jadikan hutan taman kota yang eksotik, sehingga tampilan Desa Sidan menjadi lebih menarik. Terlebih dekat kawasan tersebut ada obyek wisata," tutur Kujus.

Kujus menyatakan, tutupan lahan di Kabupaten Gianyar memang perlu diperbanyak. Pihaknya juga berencana membangun taman-taman di daerah lainnya.

"Bahwa Gianyar masih minim hutan kota. Sebelumnya juga sudah dibangun kebun raya di Desa Pilan, Kerta Payangan, tetapi masih perlu upaya untuk tutupan lahan," pungkasnya.




Simak juga video Serunya Edukasi Primata di Taman Hutan Kota:

[Gambas:Video 20detik]


(ams/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com