'Habib' Disebut di Penculikan Ninoy, Polisi Panggil Novel Bamukmin

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 07 Okt 2019 05:09 WIB
Novel Bamukmin (Grandyos Zafna/detikcom)

Kuasa Hukum Novel, Damai Hari Lubis, menjelaskan hal ini. Menurutnya, pemanggilan ini tidak layak karena Novel tak ada di lokasi. Seharusnya, saksi adalah orang yang berada di lokasi, dalam hal ini saat Ninoy diculik di Masjid Al Falah, Pejompongan, Jakarta Pusat.



"Polisi tidak promoter (profesional, modern, terpercaya -red). Hanya karena pendengaran Saudara Ninoy ada orang panggil atau sebut kata 'habib' pada malam dirinya bertugas 'memata-matai' pendemo? Maka tidak layak rekan kami Habib Novel Chaidir Hasan dipanggil oleh pihak kepolisian untuk dijadikan saksi atas penyelamatan oleh warga terhadap amukan massa kepada Ninoy," kata Damai Hari Lubis selaku Kuasa Hukum Habib Novel Chaidir Hasan.



Sebelumnya, berdasarkan penuturan Ninoy, Jack Lapian mengungkap ada seseorang yang dipanggil 'habib' berulang kali meminta disediakan ambulans kepada tim medis masjid. Si 'habib' ini, kata Jack, tiba di masjid Al-Falah sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Permintaan ambulans ini menyusul perdebatan orang-orang yang menyekap Ninoy soal kemungkinan membunuh pria yang mengaku sebagai relawan Jokowi itu.


(dnu/dnu)