Adab-adab Membaca Alquran yang Benar Seperti Apa?

Adab-adab Membaca Alquran yang Benar Seperti Apa?

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 07 Okt 2019 05:00 WIB
Adab membaca Alquran. Foto: iStock
Adab membaca Alquran. Foto: iStock
Jakarta - Alquran menjadi kitab suci umat muslim yang harus dibaca dan pelajari. Akan tetapi tidak asal membaca, ada adab-adab membaca alquran yang benar dan harus kita taati.

Alquran diturunkan kepada Muhammad SAW dan umat manusia sebagai mukjizat. Alquran menjadi salah satu bukti yang tak terbantahkan akan kebenaran Muhammad sebagai Rasulullah sekaligus kebenaran Islam sebagai agama rahmatan lil'alamin.

Adab membaca alquran.Adab membaca alquran. Foto: iStock

Membaca alquran setiap hari tentu akan mendatangkan banyak manfaat seperti mendapat pahala berlipat, derajatnya diangkat oleh Allah SWT, mendapatkan ketenangan hati, mendapat pertolongan Allah SWT di hari kiamat serta terbebas dari aduan Rasulullah SAW pada hari kiamat.

Alquran sebagai kitab suci Allah SWT mempunya adab-adab tersendiri bagi orang yang membacanya. Adab membaca alquran yang benar sudah diatur dengan sangat baik, untuk penghormatan dan keagungan Alquran. Setiap muslim harus berpedoman kepadanya dan mengerjakannya.

Dikutip dalam buku berjudul 2 Jam Pintar Membaca Al-Quran oleh Ustaz Hasby Ashidiqy, S.Q adab membaca alquran adalah sebagai berikut:

Selanjutnya
Halaman
1 2