Dinsos Siapkan Tenda-Makanan untuk Pengungsi Kebakaran di Taman Sari Jakbar

Laras Devi R. - detikNews
Minggu, 06 Okt 2019 16:11 WIB
Foto: Tenda dari Dinsos DKI untuk pengungsi kebakaran di Taman Sari (Laras/detikcom)
Foto: Tenda dari Dinsos DKI untuk pengungsi kebakaran di Taman Sari (Laras/detikcom)
Jakarta - Dinas Sosial DKI Jakarta menyiapkan tenda dan makan malam bagi pengungsi korban kebakaran di Taman Sari, Jakarta Barat. Selain itu, petugas juga menyiapkan matras hingga selimut bagi warga yang rumahnya hangus terbakar.

"Fasilitas hari ini dari Dinas Sosial di kelurahan Maphar disediakan satu tenda pengungsi. Terus di kelurahan Taman Sari satu tenda pengungsi. Untuk makan malam nanti kita siapkan untuk kelurahan Maphar dan Taman Sari. Selain itu ada terpal, terus matras, selimut," kata salah satu petugas Dinsos, Edi, di lokasi, Minggu (6/10/2019).

Edi mengatakan untuk pendataan sementara, pengungsi sebanyak 850 dari kelurahan Maphar. Sedangkan dari kelurahan Taman Sari sebanyak 50 orang.

"Kita tetap akan koordinasi dengan dinas, dinas yang mem-backup. Kita kan dari Sudin, dinas akan back up," tutur Edi.


Edi menuturkan bantuan Dinsos akan disalurkan paling tidak hingga seminggu ke depan. Dia mengatakan hingga kapan bantuan diberikan, tergantung dengan situasi di lapangan.

"Kita nanti tergantung melihat kondisi lapangan. Kalau memang paling tidak seminggu ke depan kita persiapkan untuk makan," jelasnya.



Wilayah yang dilanda kebakaran, saat ini mengalami pemadaman listrik. Hal tersebut saat ini sudah dikoordinasikan dengan pihak kelurahan.

"Semua instansi sudah dikoordinasikan oleh Pak Lurah," jelasnya.


Sebelumnya, ada 18 rumah terbakar di Taman Sari, Jakarta Barat. Bangunan yang terbakar mayoritas merupakan bangunan semi permanen.

"Sementara kalau dijumlahkan dengan jumlah rumah ada 18 rumah ya diperkirakan sampai 200 jiwalah. Karena ini banyakan kos-kosanan. Kontrakan terus di samping itu banyak rumah-rumah semi permanen," kata Camat Taman Sari, Risan Mustar, kepada di lokasi, Taman Sari, Jakarta Barat.



(fdu/gbr)