detikNews
Minggu 06 Oktober 2019, 14:15 WIB

Bangun Persatuan, Menteri Jokowi Nyanyi Bareng Warga Papua

Arief Ikhsanudin - detikNews
Bangun Persatuan, Menteri Jokowi Nyanyi Bareng Warga Papua Foto: Menteri-menteri Presiden jokowi nyanyi bareng warga Papua (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Menteri-menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan alumni Universitas Gajah Mada (UGM) bernyanyi bersama dengan warga Papua. Mereka ingin mengirimkan pesan persatuan.

Menteri-menteri yang bernyanyi bersama warga Papua adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Mereka biasa manggung dengan menggunakan nama 'Elek Yo Band'.


Mereka bernyanyi bersama warga Papua yang bekerja di Bandara Sorong dalam reuni Temu Kangen Keluarga Alumni Gajah Mada (Kagama) DKI Jakarta.

Di atas panggung, mereka menyanyikan lagu Bendera, Aku Papua, dan Sajojo. Peserta reuni pun bernyanyi dan menari bersama.

Menurut Budi Karya Sumadi, saat ini Indonesia sedang dilanda isu perpecahan, khususnya Papua. Padahal, bagi Budi, masyarakat Papua masih tidak mau terbelah.


"Kita lagi prihatin ada pihak yang mempertanyakan persatuan Indonesia, di Papua sedang ada masalah, padahal kemarin roadshow kemarin ke Papua. Itu mereka semangat sampai marah, itu orang pengacau yang bikin Papua bermasalah," ucap Budi di lokasi acara, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (6/10/2019).

Bagi Budi, bernyanyi bersama bisa membangun kebangsaan. Rasa kebangsaan itu tidak akan muncul jika tidak dibangun.

"Ini harus dibangun rasa kebangsaan, rasa kebangsaan dan rasa kebersamaan ini harus dibangun. Tidak bisa, 'itu nanti jadi (sendiri).' Nggak bisa. Kita harus secara aktif," kata Budi.


Mahasiswa Papua Se-Jabodetabek Gaungkan Pesan Damai di TMII:

[Gambas:Video 20detik]

Bangun Persatuan, Menteri Jokowi Nyanyi Bareng Warga Papua



(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com