Sudin LH Bakal Cek Permukiman Buang Kotoran Langsung ke Kali di Jakbar

Haris Fadhil - detikNews
Minggu, 06 Okt 2019 07:25 WIB
Kondisi kali dekat permukiman warga yang tak punya septic tank (Foto: Sachril Agustin/detikcom)
Jakarta - Sebagian warga di Jakarta Barat ternyata tidak punya septic tank sehingga kotoran dari jamban dibuang lewat saluran yang mengarah ke kali. Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakbar mengaku akan mengecek hal tersebut.

"Insyaallah nanti dicek," kata Kasudin LH Jakbar, Edy Mulyanto, Minggu (6/10/2019).



Adapun salah satu lokasi permukiman warga yang tak punya septic tank itu berada di RT 15/RW 7 Tanjung Duren Utara, Grogol Pertamburan. Edy mengatakan kondisi tersebut bisa diatasi dengan pembuatan WC komunal di sekitar lingkungan warga.

"Sebaiknya dibuatkan WC komunal yang tersebar di sekitar warga, yang diusulkan ke pihak Kelurahan dan Sudin LH dan pihak kelurahan dan kecamatan akan mengawasi rumah-rumah warga yang membuang limbah domestiknya langsung ke saluran atau ke kali," ucapnya.

Sebelumnya, salah satu warga sekitar, Sriatun, mengatakan rumahnya tidak ada septic tank atau bak pembuangan kotoran sendiri. Hal ini dikarenakan ia tinggal mengontrak. Pemilik kontrakannya, kata Sriatun, tidak membuatkan septic tank.

"Iya, jadi buang kotoran dari WC ya langsung ke kali," kata Sriatun ketika ditemui di rumahnya, RT 15/7 Tanjung Duren Utara, Grogol Pertamburan, Jakarta Barat, Sabtu (5/10).
selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2