Buzzer dan Kakak Pembina

Siapa Sosok Kakak Pembina Para Buzzer Istana?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 05 Okt 2019 09:03 WIB
Ilustrasi penggunaan media sosial/Foto: detikINET - Irna Prihandini

Pengakuan dengan nada mirip pun turut disampaikan oleh Pepih Nugraha. Foto yang viral itu diambil pada saat debat Pilpres 2019. Pada saat itu, ia hadir sebagai pendukung Jokowi.

"Itu pada saat Pilpres. Kami ini pendukung Jokowi. Saya ini mantan wartawan. Tapi saat itu saya sudah orang bebas. Pertanyaan saya, apa salahnya? Boleh dong kumpul-kumpul sesama pendukung Jokowi," kata Pepih Nugraha menanggapi foto viral yang kerap diasosiakan sebagai acara perkumpulan buzzer pro pemerintah.

"Ketika kemudian ada debat, dikumpulkan di seuatu tempat, kami di situ nonton bareng-bareng. Ada yang bikin komik, meme, video, desain grafis dan saya bikin tulisan opini," sambungnya.

Dia lantas mempertanyakan keriuhan publik yang mempolitisasi foto tersebut. "Kenapa foto itu dipolitisir dan disebarkan?" ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pihak istana pun telah menepis isu buzzer pro pemerintah yang dibiayai oleh Kantor Staf Presiden. Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menilai para buzzer perlu ditertibkan.

"Saya pikir memang perlu (ditertibkan). Kan ini kan yang mainnya dulu relawan, sekarang juga pendukung fanatik," ucap Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).

Menurut Moeldoko, para buzzer cenderung tak ingin sosok yang diidolakannya diserang. Namun, bila itu terjadi, disebut Moeldoko, para buzzer tersebut pasti bereaksi. Dia juga menanggapi dengan santai terkait rumor yang mengkaitkan dirinya dengan sosok 'kakak pembina' buzzer itu.

"Ha-ha-ha.... Yang mana lagi? Saya belum pernah baca itu," kata Moeldoko kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).
(rdp/dnu)