Mahfud Md Yakin Jokowi Punya Cara Hadapi 'Simalakama' Perppu KPK

Zunita Putri - detikNews
Sabtu, 05 Okt 2019 09:01 WIB
Mahfud Md (Usman Hadi/detikcom)
Jakarta - Mahfud Md angkat bicara mengenai analogi 'simalakama' yang dilontarkan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko ketika ditanya waktu penerbitan Perppu KPK. Mahfud yakin Presiden Jokowi bisa menuntaskan persoalan negara yang dianggap 'simalakama' itu.

"Ya, kalau memang buah simalakama, ya memang terserah Presiden, mau menghadapi risiko yang mana. Gitu, kan? Kan mengeluarkan (Perppu) ada risiko, tidak mengeluarkan ada risiko, jadi ya terserah Presiden saja. Kita harus hormati Presiden," kata Mahfud kepada wartawan, Sabtu (5/10/2019).



Menurut Mahfud, Jokowi memegang puncak kekuasaan sah secara konstitusional. Dia juga yakin Jokowi bisa menghadapi buah simalakama, yang artinya Mahfud yakin Jokowi mampu menghadapi semua risiko terkait keputusan yang dipilih Jokowi.

"Presiden itu kan pemegang kekuasaan yang sah secara konstitusional. Nah, pemegang sah konstitusional itu artinya punya hak melakukan sesuatu yang sifatnya buah simalakama itu untuk kemudian ditaati semua pihak," terangnya.

"Jadi intinya terserah Presiden saja, jangan terlalu didorong ke sebuah sudut yang sulit, karena kita sebagai bangsa sudah memilih presiden. Kalau menghadapi buah simalakama, ya biar diputuskan sendiri, mau diambil yang mana," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2