detikNews
2019/10/05 08:28:18 WIB

Prabowo Telepon Megawati, Muzani Mengalah

Deden Gunawan, Ibad Durohman - detikNews
Halaman 1 dari 3
Prabowo Telepon Megawati, Muzani Mengalah Ilustrasi: Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri. (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta - Sempat ngotot ingin kursi ketua MPR, Partai Gerindra akhirnya menyerah. Gerindra legawa melepas kursi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ke Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang akhirnya dipilih secara aklamasi, Kamis (3/10/2019) malam. Sikap mengalah Gerindra tersebut akhirnya diambil setelah Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sufmi Dasco Ahmad, Ketua Fraksi Gerindra di MPR Ahmad Riza Patria dan kandidat Ketua MPR Ahmad Muzani berkonsultasi dengan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Komunikasi coba dijalin dengan Ketum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri. Dalam komunikasi itu, Prabowo masih berusaha membujuk Megawati agar memberikan dukungan ke Muzani dalam perebutan kursi Ketua MPR.



"Pak Prabowo meminta Ibu Mega kalau memungkinkan PDIP mau memberikan support dan dukungan kepada kader Gerindra menjadi Ketua MPR," Muzani yang juga Sekretaris Jenderal Partai Gerindra.

Prabowo pun menyampaikan kepada Megawati perlunya keseimbangan politik nasional. Megawati mengaku sulit menolak. Namun, karena proses pemilihan Ketua MPR sudah hampir final, dukungan PDIP kepada Gerindra sulit diberikan. Karena itu, kata Muzani, Megawati meminta Prabowo menerima proses yang sudah terjadi.



"Bu Mega terus terang, agak sulit untuk menolak ini, tetapi bagaimana cara menerima ini karena proses sudah berlangsung hampir matang begitu sehingga agak sulit untuk berputar ke belakang. Karena itu, Ibu Mega memohon pengertian Pak Prabowo agar bisa menerima proses ini dengan baik dan menjaga MPR dengan musyawarah untuk mufakat. Meskipun Ibu Mega sepenuhnya menyerahkan keputusan ini kepada Prabowo kemudian sebagai partai yang mandiri," kata Muzani.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com