Kotak Pandora Sunjaya Ternyata Rasuah, Dibongkar KPK Berisi Miliaran Rupiah

Round-Up

Kotak Pandora Sunjaya Ternyata Rasuah, Dibongkar KPK Berisi Miliaran Rupiah

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Okt 2019 06:10 WIB
Ilustrasi KPK (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Ilustrasi KPK (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Dan terbukalah kotak pandora Sunjaya Purwadisastra. Tumpah ruah miliaran rupiah yang diduga diterima mantan Bupati Cirebon itu dari cara-cara yang melanggar hukum.

KPK paham betul ketika mendapat beragam tentang OTT receh. Kias itu sering menjadi bahan serangan yang ditujukan ke KPK lantaran barang bukti yang disita dari operasi tangkap tangan hanya ratusan juta rupiah. Namun lembaga antikorupsi itu rupanya memeram rasa untuk membalas serangan.

Penyidikan baru yang baru diumumkan KPK terhadap Sunjaya itulah yang pada akhirnya menjadi amunisi KPK. OTT recehan itu menjelma pusaran pencucian uang miliaran.

Kotak Pandora Sunjaya Ternyata Rasuah, Dibongkar KPK Berisi Miliaran RupiahSunjaya saat pertama kali ditahan KPK (Foto: Ari Saputra/detikcom)


"Perkara ini merupakan salah satu contoh berkembangnya OTT dengan nilai barang bukti awal uang sebesar Rp 116 juta menjadi bentuk korupsi lain dan pencucian uang dengan nilai Rp 51 miliar. Hal ini kami harap dapat menjawab dan memberikan pemahaman pada sejumlah pihak yang menuding KPK ketika melakukan OTT dengan nilai ratusan juta," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dalam jumpa pers, Jumat (4/10/2019).

"Perlu dipahami, dalam proses OTT barang bukti yang diamankan adalah transaksi saat itu. Di sinilah OTT dapat menjadi pintu masuk membuka Kotak Pandora korupsi lebih lanjut," sambung Syarif.




Meminjam istilah Kotak Pandora dari mitologi Yunani, Syarif menyebut suatu kasus recehan bisa membongkar kejahatan yang lebih besar. Dalam mitologi itu, Pandora sebetulnya adalah nama seorang wanita manusia pertama yang menikah dengan seorang dewa bernama Epimetheus.

Para dewa memberikan hadiah pada Pandora sebuah kotak, tetapi dilarang membukanya. Namun pada akhirnya Pandora penasaran. Saat dibuka, keluarlah berbagai macam hal buruk bagi manusia seperti rasa sakit, wabah penyakit, keserakahan, pencurian, dan berbagai malapetaka lain dari kotak itu dan menjangkiti umat manusia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3