detikNews
Jumat 04 Oktober 2019, 19:36 WIB

Ini Strategi Aetra Beri Pelayanan Air Bersih di Musim Kemarau

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Ini Strategi Aetra Beri Pelayanan Air Bersih di Musim Kemarau Foto: shutterstock
Jakarta -

PT Aetra Air Jakarta (Aetra) membeberkan data semester I tahun 2019 yang menunjukkan 55,6% pelanggannya mendapat pasokan air bersih dengan tekanan yang cukup tinggi, yaitu di atas 0,75 bar. Hal ini juga berlaku meski saat ini sedang masuk musim kemarau atau kekeringan.

"Sebuah prestasi yang membanggakan karena menunjukkan bahwa Aetra senantiasa berkomitmen dalam memberikan keterjaminan kontinuitas dan kualitas suplai (air bersih) di tengah-tengah kondisi musim kemarau yang panjang ini," ucap Corporate & Customer Communication Manager Astriena Veracia dalam keterangan tertulis, Jumat (4/10/2019).

Astriena mengatakan kelancaran pemenuhan air bersih untuk pelanggan karena diambil langsung dari air permukaan di waduk Jatiluhur dan 100% tidak diambil dari air tanah. Selanjutnya air dari waduk dialirkan sepanjang 70 km melalui saluran terbuka.

Astriena melanjutkan, guna mengantisipasi musim kemarau, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta melalui BPBD dan PAM JAYA membentuk Satuan Tugas (Satgas) Air Bersih. Hal ini untuk menyelesaikan masalah kebutuhan air bersih dalam kondisi darurat seperti bencana kekeringan, kebakaran, dan banjir.

Lebih lanjut Astriena mengatakan perolehan Sertifikat Jaminan Halal (SJH) dari LPPOM-MUI dengan grade A pada instalasi pengolahan air Buaran dan Pulogadung Aetra jadi garansi kenyamanan pelanggan. Selain itu, menurutnya, perlu upaya perubahan mindset masyarakat Jakarta untuk menggunakan air tanah hanya sebagai cadangan.

"Hal ini didasari oleh issue penyelamatan lingkungan yang menyebutkan bahwa pengambilan air tanah secara berlebihan akan mengakibatkan dampak antara lain penurunan muka tanah dan tentu berdampak pada penurunan kualitas air serta ketersediaannya," ucapnya.

Salah satu pelanggan Aetra dari Jakarta Timur, M Natsir mengaku senang karena tetap bisa mengakses air bersih melalui perpipaan walaupun dalam kondisi kemarau panjang. Selain itu, ia juga mengapresiasi Aetra karena telah memasang fasilitas keran air siap minum di masjid dekat tempat tinggalnya.

"Pemasangan fasilitas ini juga menjadi edukasi terhadap upaya mengampanyekan penggunaan air perpipaan dan mulai mengalihkan penggunaan air tanah," ucapnya.


Simak juga video "Kemarau Panjang, Warga Ciamis Salat Minta Hujan":

[Gambas:Video 20detik]




(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com