detikNews
2019/10/04 19:16:56 WIB

Facebook Bongkar Jaringan Akun Palsu di Indonesia Terkait Papua Barat

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Facebook Bongkar Jaringan Akun Palsu di Indonesia Terkait Papua Barat Ilustrasi Facebook (Foto: Reuters)
Jakarta - Facebook dan Instagram menghapus puluhan akun di Indonesia yang disebut terlibat dalam 'perilaku tidak autentik yang terkoordinasi'. Puluhan akun itu mengunggah konten terkait dengan Papua Barat.

Hal itu diinformasikan oleh Facebook lewat situs resminya seperti dikutip pada Jumat (4/10/2019). Ada 69 akun Facebook, 42 halaman Facebook, dan 34 akun Instagram yang terlibat dalam 'perilaku tidak autentik yang terkoordinasi'. Facebook menyebut akun-akun ini memiliki konten soal isu dalam negeri Indonesia.

"Orang-orang di balik jaringan ini menggunakan akun palsu untuk mengatur Facebook page, menyebarluaskan konten mereka, dan mengarahkan orang ke situs di luar platform," kata Head of Cybersecurity Policy Facebook, Nathaniel Gleicher.



Orang-orang tersebut mengunggah konten dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris tentang Papua Barat. Ada yang mengunggah konten mendukung kemerdekaan Papua Barat, ada juga yang mengkritiknya.

"Meskipun orang-orang di balik aktivitas ini berusaha menyembunyikan identitasnya, investigasi kami menemukan kaitan dengan perusahaan media di Indonesia, InsightID," ungkapnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com