detikNews
2019/10/04 19:08:21 WIB

Usai Diperiksa KPK, Aher Mengaku Ditanya soal Peran Deddy Mizwar

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Usai Diperiksa KPK, Aher Mengaku Ditanya soal Peran Deddy Mizwar Foto: Ibnu/detikcom
Jakarta - Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) selesai diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap proyek Meikarta. Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa.

"Saya ditanya pertama Jawa barat kan ada Kepgub tentang RDTR apa hubungan tentang BKPRD selama 2010-2011 itu dikepalai oleh Sekda. Pada 2016, berdasarkan Kepgub yang baru, yaitu Kepgub 120 Tahun 2016, ada pergantian yang asalnya BKPRD Pak Sekda diganti Pak Wagub. Sekda jadi wakil ketua tadi ditanyakan kenapa diganti," kata Aher setelah diperiksa di gedung KPK, Jumat (4/10/2019).

Deddy Mizwar menjabat Wakil Gubernur Jabar ketika Meikarta ramai diperbincangkan. Aher mengatakan pergantian itu sudah sesuai dengan aturan.

"Saya jawab tentu pergantian itu sesuai aturan sesuai dengan konsultasi ke berbagai tempat, termasuk di analisa biro hukum pergantian Itu boleh. Yang tidak boleh kalau Wagub turun. Wagub dari penanggung jawab jadi ketua boleh. Jadi tidak ada masalah secara hukum," terangnya.

Aher keluar dari gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, sekitar pukul 18.30 WIB. Aher mengaku menjalani pemeriksaan sebagai saksi selama 3,5 jam, setelah tiba di KPK sejak pukul 13.00 WIB.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com