detikNews
Jumat 04 Oktober 2019, 18:54 WIB

KPK Bakal Umumkan Tersangka Baru Kasus TPPU, Pengembangan OTT

Ibnu Hariyanto - detikNews
KPK Bakal Umumkan Tersangka Baru Kasus TPPU, Pengembangan OTT Kabiro Humas KPK Febri Diansyah (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPK berencana mengumumkan penyidikan baru berkaitan dengan tindak pidana pencucian uang. Penyidikan baru ini merupakan pengembangan dari kasus yang diungkap KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT).

"KPK berencana mengumumkan penyidikan baru kasus pencucian uang kepala daerah yang berkembang dari OTT tahun 2018 lalu," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (4/10/2019).
Dalam penyidikan baru itu tentunya ada yang dijerat sebagai tersangka. Namun Febri enggan menyebutkan siapa.

"Saat itu barang bukti uang saat OTT yang diamankan KPK hanya Rp 116 juta, namun dalam perkembangannya ditemukan penerimaan dan aliran dana lain bernilai puluhan miliar rupiah," imbuh Febri.



Bila merujuk pada keterangan Febri, maka kasus ini berkaitan dengan kepala daerah dan barang bukti Rp 116 juta. Dicek detikcom dengan kata kunci tersebut, maka kasus ini kemungkinan besar berkaitan dengan OTT yang menjerat mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra.

Sunjaya telah divonis hukuman penjara selama 5 tahun denda Rp 200 juta subsider 5 bulan kurungan karena terbukti menerima suap terkait jual-beli jabatan di Kabupaten Cirebon. Kala itu, dia menerima duit Rp 100 juta usai melantik Gatot Rachmanto sebagai Sekretaris Dinas PUPR Cirebon.

Namun saat terjaring OTT pada Oktober tahun 2018, KPK menyebutkan barang bukti yang didapat sebesar total Rp 385.965.000. Saat itu KPK merinci barang bukti itu, salah satunya menyebutkan uang sebesar Rp 116 juta, seperti pranala di bawah ini:



Simak juga video "Kritik KPK, Nawawi: Dari 313 Kasus Hanya 15 Diterapkan TPPU":

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com