detikNews
2019/10/04 15:19:31 WIB

Isu Gerindra Minta 3 Menteri, PPP: Koalisi Saja Belum Tahu Dapat Apa

Tsarina Maharani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Isu Gerindra Minta 3 Menteri, PPP: Koalisi Saja Belum Tahu Dapat Apa Achmad Baidowi (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Bergulir isu Partai Gerindra bakal merapat ke pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua dan meminta jatah tiga kursi menteri. PPP mengatakan hingga saat ini partai-partai di Koalisi Indonesia Kerja (KIK) bahkan belum mengetahui soal pos menteri yang akan mereka dapatkan.

"Kami saja koalisi belum tahu posnya di mana. Apalagi partai lain yang dulunya berseberangan gitu," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Awiek) di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Awiek mengatakan partai KIK tidak ikut campur tangan menentukan susunan kabinet. Sebab, menurut dia, penentuan kabinet merupakan hak prerogatif presiden.

Karena itu, soal bergabungnya Gerindra ke pemerintahan, dia menyatakan partai KIK bakal menyerahkan keputusan ke Jokowi. Awiek menyebut Jokowi memiliki wewenang untuk menerima atau menolak proposal tersebut.

"Apa pun ceritanya, misalnya nanti Gerindra masuk atau tidak masuk, itu lebih pada hak prerogatif Pak Jokowi sebagai presiden menggunakan kewenangannya," tuturnya.

Awiek menjelaskan, hingga sejauh ini, komunikasi di antara partai-partai KIK dengan Gerindra terjalin baik. Ia pun mencontohkan pertemuan Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto beberapa waktu lalu.

"Namun demikian, kita kan hanya sebatas meramu komunikasi. Soal masuk kabinet atau tidak masuk kabinetnya itu merupakan kewenangan dari Pak Jokowi selaku presiden terpilih," kata Awiek.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com