detikNews
Jumat 04 Oktober 2019, 01:36 WIB

Puluhan Warga Korban Rusuh Wamena Tiba di Sumbar

Jeka Kampai - detikNews
Puluhan Warga Korban Rusuh Wamena Tiba di Sumbar Korban rusuh Wamena tiba di Sumbar. (Jeka Kampai/detikcom)
Padang - Suasana haru menyelimuti kedatangan 51 warga korban kerusuhan Wamena, Papua, di Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat. Mereka adalah warga asal Sumatera Barat yang memilih eksodus dari Tanah Papua karena merasa keselamatan dirinya terancam.

"Alhamdulillah, saya bisa pulang. Saya bisa bertemu anak kembali," kata salah satu warga, Jefri Tanjung, di Bandara Minangkabau, Kamis (3/10/2019) malam.


Begitu tiba, Jefri langsung memeluk anaknya, Kesi Tri Wahyuni, yang sudah menunggunya sejak sore. Kesi terlihat berulang kali menyeka air mata.

Sejak kerusuhan melanda Wamena, Kesi mengaku sangat ingin bertemu keluarganya yang menetap di sana dan menjadi korban kerusuhan. Mahasiswi Universitas Negeri Padang itu memang menantikan saat-saat keluarganya keluar dari pintu kedatangan bandara.

Korban rusuh Wamena tiba di Sumbar (Foto: Jeka Kampai/detikcom)Korban rusuh Wamena tiba di Sumbar. (Jeka Kampai/detikcom)

"Selama ini hanya bisa komunikasi lewat telepon. Ayah tidak bercerita banyak, hanya ngomong kebakaran saja pas kejadian. Ayah juga bilang ikut ngungsi," ujar Kesi.


Orang tua Kesi termasuk 51 warga Sumatera Barat yang tiba di Bandara Internasional Minangkabau, yang merupakan rombongan warga yang memilih eksodus dari Tanah Papua. Sebelum diterbangkan dengan pesawat komersial. Mereka diangkut menggunakan pesawat Hercules dari Sentani.

Warga yang dievakuasi berusia anak-anak hingga dewasa, yang semuanya berasal dari Kecamatan Bayang dan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan. Sebagian besar warga yang pulang belum menentukan pilihan, apakah akan kembali atau menetap di kampung halaman mereka.


Cerita Perantau Minang Diselamatkan Pendeta saat Ricuh Wamena:

[Gambas:Video 20detik]




(azr/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com