detikNews
2019/10/03 21:37:25 WIB

Tepis PSI, Pemprov DKI: Anggaran Rp 12 M Tak Hanya untuk Antivirus

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tepis PSI, Pemprov DKI: Anggaran Rp 12 M Tak Hanya untuk Antivirus Foto: Gedung Balai Kota DKI Jakarta. (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengkritik anggaran antivirus yang diajukan Unit Pengelola Teknologi Informasi Kependudukan yang mencapai Rp 12 miliar. Menanggapi hal itu, Kepala Unit Pengelola Teknologi Informasi Kependudukan Muhammad Nurrahman mengatakan anggaran tersebut tak hanya digunakan untuk antivirus tapi juga lisensi Microsoft Office hingga pembelian lisensi database aplikasi kependudukan.

"Terkait dengan anggaran Rp 12 M, itu sebenarnya bukan hanya antivirus. Yang pertama antivirus, yang kedua lisensi Microsoft Office, ketiga itu Oracle," kata Nurrahman kepada detikcom, Kamis (3/10/2019).


Nurrahman menuturkan untuk antivirus akan digunakan di 267 kantor kelurahan, 44 kantor kecamatan hingga kantor-kantor suku dinas Dukcapil di setiap wilayah DKI Jakarta. Dia belum mengetahui rincian detail anggaran tersebut, tapi pihaknya menyebut ada tiga komputer di setiap kantor dengan anggaran total sekitar Rp 1 miliar.

"Itu kalau nggak salah antivirus anggarannya tidak sampai Rp 1 miliar," jelas Nurrahman.

Dia mengatakan anggaran cukup besar juga ditujukan untuk lisensi Microsoft Office. Nurrahman menuturkan anggarannya mencapai Rp 4 miliar.

"Untuk Microsoft Office Rp 4 miliar," ucapnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com