Gantikan One Way, Kanalisasi 2-1 Bakal Diuji Coba di Puncak Bogor

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 03 Okt 2019 18:40 WIB
Ilustrasi Jalur Puncak, Bogor (Farhan/detikcom)
Bogor - Sistem kanalisasi 2-1 bakal diuji coba di Jalur Puncak, Bogor. Kanalisasi ini diterapkan untuk menggantikan sistem one way atau satu arah yang biasa dilakukan di Puncak.

Keputusan ini telah disepakati oleh Polres Bogor, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, serta Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dalam rapat mengatasi kemacetan di Jalan Raya Puncak. Sistem kanalisasi ini akan diuji coba pada 27 Oktober 2019 mendatang.


"Sementara sudah dijadwalkan tadi bersama kepala badan, BPTJ, rencana pada 27 Oktober akan dilaksanakan uji coba kanalisasi 2-1. Ini butuh sosialisasi yang luas," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri setelah menghadiri rapat Save The Puncak, di Kantor Bappedalitbang, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (3/10/2019).

rapat Save The PuncakRapat Save The Puncak (Foto: Sachril/detikcom)

Ia menjelaskan, sistem one way adalah kendaraan melintas bergantian dari Simpang Gadog menuju Puncak Pass atau sebaliknya. Sementara kanalisasi 2-1, merupakan sistem di mana kendaraan tetap dapat melintas di ke dua arah di Jalan Raya Puncak.

"Intinya kita membagi jalan. Kalau pagi itu kan one way naik (Simpang Gadog-Puncak Pass). Jadi, kalau 2-1, dua kendaraan naik, satu turun. Kalau misalnya one way itu tiga mobil bisa naik sejajar, pada sistem 2-1 ini, dua mobil bisa naik sejajar dan satu kendaraan dari lawan arah, dapat turun. Jadi dipersempit jalurnya," bebernya panjang lebar.


Selanjutnya
Halaman
1 2