Pulangkan Warganya dari Wamena, Pemprov Sumbar Galang Donasi

Jeka Kampai - detikNews
Kamis, 03 Okt 2019 16:23 WIB
Ilustrasi (Muhammad Aminudin/detikcom)
Padang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) terus berupaya memulangkan warganya yang menjadi korban konflik Wamena, Papua. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menggalang donasi.

"Data sementara, ada 1.470 orang (kita) yang ingin pulang. Perkiraan kasar saja, dibutuhkan dana sekitar Rp 2,5 miliar untuk memulangkan mereka," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit kepada wartawan, Kamis (3/10/2019).

Selain mengharap dukungan dari lembaga-lembaga sosial, Pemprov Sumbar melakukan penggalangan dana dengan membuka rekening 'Sumbar Peduli Sesama' untuk menampung bantuan dari masyarakat Sumbar yang ada di daerah dan di perantauan.


Sejak dibuka akhir September lalu atau empat hari lalu, donasi yang terkumpul sudah mencapai angka Rp 4 miliar. Jumlah itu diperkirakan bakal terus bertambah, mengingat penggalangan donasi masih terus dilakukan.

"Penggalangan dana dilakukan oleh banyak pihak. Beberapa hari lalu di Jakarta, dalam semalam terkumpul Rp 3 miliar lebih. Sekarang sudah ada di angka Rp 4 miliar lebih," terang Nasrul.

Selanjutnya
Halaman
1 2