Ini Senpi yang Dibawa 6 Polisi Saat Amankan Demo Ricuh di DPRD Sultra

Sitti Harlina - detikNews
Kamis, 03 Okt 2019 15:59 WIB
Ilustrasi (Rachman Haryanto/detikcom)
Ilustrasi (Rachman Haryanto/detikcom)
Kendari - Ada enam polisi yang kini diperiksa karena membawa senjata api (senpi) saat pengamanan demonstrasi mahasiswa di DPRD Sultra yang berujung kericuhan. Ada 3 jenis senpi yang dibawa saat pengamanan demo.

"Hasil pemeriksaan kita keenam (polisi) itu bawa senjata api laras pendek. Jenisnya S&W, HS, MAG," ujar Kepala Biro Provost Divisi Propam Mabes Polri Brigjen Hendro Pandowo, Kamis (3/10/2019).

Tim investigasi masih memeriksa keenam polisi dari Polda Sultra dan Polres Kendari. Keenam polisi itu berinisial DK (perwira) serta 5 bintara, yakni GM, MI, MA, H, dan E.


Kepala Biro Provost Divisi Propam Mabes Polri Brigjen Hendro Pandowo mengatakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian sudah memberi arahan agar jajaran tidak membawa senpi.

"Arahan terakhir tanggal 25 September, kemudian kita ketahui bersama tanggal 26 September unras di Kendari, 2 orang meninggal dunia. Berdasarkan hasil autopsi salah satunya kena luka tembak," ujar Hendro.

Sedang didalami surat perintah dalam pengamanan demo yang berujung ricuh di DPRD Sultra, Kamis (26/9).

"Instruksi (membawa senpi) tidak ada. Kebetulan reserse itu senjata api melekat di badannya. Ini yang kita dalami kenapa senjata api itu dibawa saat pengamanan unjuk rasa di DPRD Sultra," kata Hendro.



Mahasiswa Geruduk Kemenkum HAM Sultra, Minta Kasus Randi-Yusuf Dikawal:

[Gambas:Video 20detik]

(fdn/fdn)