Ingin Jadi Ketua MPR, Fadel Akan Konsultasi ke Megawati

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 03 Okt 2019 00:32 WIB
Fadel Muhammad (M Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Fadel Muhammad ingin menjadi Ketua MPR RI periode 2019-2024 agar bisa membesarkan nama DPD. Fadel mengaku akan berkonsultasi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Saya juga akan ketemu dengan Ibu Mega. Saya kenal baik dengan beliau semenjak saya menjadi gubernur, menteri, saya dekat dengan beliau. Saya akan konsultasi dengan beliau karena beliau adalah partai pemenang pemilu, kita hormati hal itu," kata Fadel di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Tak hanya Megawati, Fadel mengaku juga akan bertemu dengan partai-partai lain di DPR. Namun tak disebutkan partai apa saja yang akan ditemui.

"Saya merencanakan pukul 09.00 WIB (3 Oktober) sudah ketemu dengan empat partai untuk membicarakan. Untuk sementara, saya jangan sebut partainya. Nanti lebih siang lagi mungkin kita akan ke partai besar," jelasnya.




Fadel juga bicara kemungkinan jika keinginannya menjadi Ketua MPR tak terealisasi. Jika keinginan itu tidak dapat terwujud, politikus Golkar tersebut mengatakan tidak akan masuk ke 'kubu suka foya-foya'.

"Kita akan liat dulu kubu mana, kemudian kita menentukan sikap. Kita akan mendukung kepada kubu yang mau ada penguatan terhadap DPD ke depan. Kalau kubu cuma foya-foya aja begitu, sorry aja. DPD yang baru lain dibandingkan yang ada," ungkap Fadel.

Diberitakan sebelumnya, selain Fadel, Gerindra dan Golkar mengincar kursi Ketua MPR. Golkar sudah mendapatkan dukungan dari PDIP, PPP, dan NasDem. Sedangkan Gerindra belum mendapatkan dukungan pasti.

Fadel sendiri terpilih sebagai pimpinan MPR dari unsur DPD. Fadel terpilih setelah mendapatkan 59 suara.


Surya Paloh Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR:

[Gambas:Video 20detik]

(zak/fdn)