detikNews
2019/10/02 17:37:37 WIB

Politikus Golkar dan Gerindra Berebut Kursi Bekas Fadli Zon?

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Politikus Golkar dan Gerindra Berebut Kursi Bekas Fadli Zon? Pimpinan DPR 2019-2024 (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Golkar dan Gerindra saat ini sama-sama berebut untuk menduduki kursi Ketua MPR. Apakah persaingan juga akan terjadi demi posisi Wakil Ketua DPR bidang politik dan keamanan yang dulu ditempati Fadli Zon?

Jabatan Ketua DPR saat ini diisi Puan Maharani (PDIP), yang didampingi 4 wakil, yaitu Azis Syamsuddin (Golkar), Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Rachmat Gobel (NasDem), dan Muhaimin Iskandar (PKB). Masing-masing wakil ketua akan memegang bidang khusus yang terkait dengan komisi-komisi tertentu.

Ada 4 bidang untuk 4 wakil ketua DPR, yaitu Politik dan Keamanan, Industri dan Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat, serta Ekonomi dan Keuangan. Pada penghujung masa jabatan DPR periode 2014-2019, sempat ada tambahan 1 bidang lagi karena ada tambahan 1 pimpinan, yaitu Bidang Akuntabilitas Keuangan, Kerumahtanggaan, dan Hubungan Antarlembaga.



Pada DPR periode 2014-2019, jabatan Wakil Ketua DPR bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) diisi politikus Gerindra, Fadli Zon. Pada periode 2019-2024, posisi Wakil Ketua DPR dari Gerindra diisi Sufmi Dasco Ahmad.

Sufmi Dasco Ahmad / Sufmi Dasco Ahmad (Ari Saputra/detikcom)


Baik di DPR maupun di partai, Sufmi Dasco Ahmad selama ini lekat dengan bidang hukum. Di periode sebelumnya, dia menduduki Komisi III DPR yang meliputi hukum. Di Gerindra, Dasco juga menjabat Waketum bidang hukum serta merupakan Direktur Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi saat Pilpres 2019.

Lalu, apakah Dasco sudah pasti akan jadi Wakil Ketua DPR bidang Polkam?
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com