Manuver-manuver NasDem 'Melangkahi' PDIP

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 02 Okt 2019 17:27 WIB
Foto: Jokowi Berikan Kuliah Umum ABN Nasdem (Rengga Sancaya)
Jakarta - Adegan Ketum PDIP Megawati Sukarnoputri yang tak menyalami Ketum NasDem Surya Paloh dalam acara pelantikan anggota DPR/MPR kemarin, seolah jadi pertanda isu keretakan hubungan keduanya. NasDem sendiri bisa dikatakan sempat beberapa kali melakukan manuver kepada PDIP.

Sebagaimana diketahui, peristiwa Megawati yang tak bersalaman dengan Surya Paloh terjadi di dalam Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Selasa (1/10/2019). Dilihat detikcom pada Rabu (2/10/2019) dalam potongan video Kompas TV, Megawati tampak menyalami beberapa politikus yang hadir pula di sana.

Megawati juga tak menyalami Komandan Satuan Bersama (Kogasma) Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Walaupun, momen AHY dan Megawati lebih karena tata cara bersalaman saja. Karena, sebelumnya AHY sudah menjura (bersalam dada).


Paloh sendiri menepis isu soal keretakan hubungannya dengan Ketum partai berlambang banteng itu. Dia memastikan, hubungannya dengan Megawati baik-baik saja.

"Oh hubungan saya dengan Bu Mega, kalau dari saya pasti baik-baik saja lah, bagus lah," ujar Surya Paloh di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2//10/2019).

Kendati demikian, sinyal terkait renggangnya hubungan kedua tokoh ini juga bisa dilihat dari hubungan partai yang mereka pimpin. NasDem diketahui sempat melakukan beberapa manuver terhadap PDIP. Berikut di antaranya:
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4