detikNews
2019/10/02 14:18:40 WIB

Momen Kikuk Salaman Megawati dan AHY di Mata Pakar Gestur

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Momen Kikuk Salaman Megawati dan AHY di Mata Pakar Gestur Foto: Megawati saat pelantikan DPR/MPR (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Adegan kikuk salaman Kogasma Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam acara pelantikan anggota DPR/MPR kemarin tersorot kamera. Adakah makna politis di balik momen itu?

Pakar gestur Handoko Gani menjelaskan pandangannya tentang momen AHY yang tidak bersalaman dengan Megawati dalam video yang merekam peristiwa itu. Handoko sendiri adalah satu-satunya Instruktur Ahli Emosi & Lie Detector dengan sertifikasi penggunaan alat sejenis Poligraf bernama Layered Voice Analysis dan sertifikasi diploma Forensic Emotion, Credibility and Deception. Menurut Handoko, meskipun tak bersalaman, AHY sempat menjura (salam di dada).


"Pada detik 00:01 sebetulnya, AHY sudah memberikan salam menjura kepada Ibu Mega, dan itu sudah dilihat Ibu. Pada detik 00:03 AHY ikut mengulurkan tangannya kepada Ibu Mega setelah beliau bersalaman dengan orang di sebelahnya. Namun, arah kepala dan mata Bu Mega sudah tidak lagi melihat ke arah AHY (membelakangi)," kata Handoko Gani kepada detikcom, Rabu (2/10/2019).

"Dan saat detik 00:04 AHY menarik tangannya kembali. Bu Mega sudah betul-betul tidak lagi melihat AHY. Sudah ada di blind spot beliau," lanjut Handoko.

Momen Kikuk Salaman Megawati dan AHY di Mata Pakar GesturFoto: Megawati dan AHY detik 00:04 (Istimewa)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com