detikNews
Rabu 02 Oktober 2019, 12:36 WIB

Massa Buruh Meluber hingga Gerbang Pemuda, Lalin Dialihkan

Matius Alfons - detikNews
Massa Buruh Meluber hingga Gerbang Pemuda, Lalin Dialihkan Massa buruh bergerak memenuhi Jl Gerbang Pemuda, Senayan, Rabu (2/10/2019). (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Massa buruh dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) bergerak menuju Jalan Gerbang Pemuda, Senayan. Lalu lintas di Jalan Gerbang Pemuda ditutup.

Pantauan detikcom di Kelurahan Gelora, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2019), massa buruh meluber hingga Jalan Gerbang Pemuda sejak pukul 12.00 WIB. Terlihat Jalan Gerbang Pemuda dialihkan dan lalu lintas ditutup.

Kendaraan dari arah Jalan Asia-Afrika yang menuju Jalan Gerbang Pemuda diarahkan putar balik. Sebagian kendaraan juga diarahkan terus ke Jalan Gelora menuju Palmerah.




"Ditutup ini, itu lihat ada massa sudah sampai TVRI, nggak bisa ke Jalan Gerbang Pemuda, dialihkan ke Jalan Gelora, nanti belok ke arah Jalan Palmerah," kata Kasubag Anev Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Suroto.


Massa Buruh Meluber hingga Gerbang Pemuda, Lalin DialihkanFoto: Matius Alfons/detikcom

Sekitar pukul 12.15 WIB, massa buruh bergerak menuju Kelurahan Gelora. Setiba di lokasi, massa dihadang oleh Personel Brimob dan Sabhara.

"Kami buat rantai manusia, kami (sampaikan) aspirasi di sini bukan untuk didengar polisi, tapi didengar oleh wakil rakyat yang baru saja terpilih. Ayo, kawah-kawan, merapat," kata salah satu orator aksi dari atas mobil komando.


Massa Buruh Meluber hingga Gerbang Pemuda, Lalin DialihkanFoto: Matius Alfons/detikcom

Hingga saat ini massa aksi masih tertahan dan masih berorasi. Massa juga siap mendorong barikade polisi.

"Apa kawan-kawan siap mendorong barikade polisi?" tanya orator seraya dijawab siap oleh massa.


Massa Buruh Meluber hingga Gerbang Pemuda, Lalin Dialihkan

(maa/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com