Sempat Diskors, Paripurna MPR Lanjut Dipimpin Hillary-Abdul Dalimunthe

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 02 Okt 2019 11:53 WIB
Sidang paripurna MPR, Rabu (2/10/2019). (Marlinda Oktavia/detikcom)
Jakarta - Sidang paripurna MPR diskors selama 15 menit lantaran sidang hanya dipimpin satu orang. Setelah diskors, diputuskan anggota DPR tertua kedua ikut memimpin sidang hari ini.

Sidang paripurna yang digelar di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019), sebelumnya dipimpin Wakil Ketua sementara MPR Hillary Brigitta Lasut. Sidang kemudian dihujani interupsi karena pimpinan hanya satu orang. Sedangkan Ketua MPR sementara Sabam Sirait berhalangan hadir karena sakit.

Sebagai pimpinan sidang, Hillary kemudian mengambil keputusan sidang diskors selama 15 menit. Ini dilakukan untuk memilih pimpinan sidang menggantikan Sabam hari ini.



Setelah 15 menit, keputusan diambil. Ketua DPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe akan memimpin sidang bersama Hillary.

"Jika pimpinan berhalangan hadir, pimpinan sementara berasal dari anggota MPR yang termuda dan tertua dari fraksi atau kelompok DPD. Sidang MPR tadi bahwa pimpinan sementara yang tertua dan termuda yang pada saat sidang paripurna lalu telah ditetapkan urutan tertua kedua adalah Bapak Haji Abdul Wahab Dalimunthe, 80 tahun, Fraksi Demokrat. Itulah yang akan memimpin sidang pada hari ini," kata Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono.

"Terima kasih, jadi apakah agenda ini bisa disetujui?" tanya Hillary ke anggota Dewan yang hadir.

"Setuju," jawab para Dewan.

Hillary pun kemudian mengetok palu sidang dan diikuti Abdul Wahab yang naik ke meja pimpinan. Hillary sempat mencium tangan Abdul Wahab di meja pimpinan.

"Saya mohon maaf, jangan dianggap saya istilahnya ada ambisi untuk memimpin sidang sementara. Pendeknya, saya mau di sini apa yang kau cari Palupi, biar gersang tapi damai. Dalam kesempatan ini saya akan bekerja sama dengan cucu saya ini untuk memimpin sidang ini," kata Abdul Wahab membuka sidang.


Simak Video "Incar Kursi Ketua MPR, Gerindra Minta Bamsoet Mengalah"

[Gambas:Video 20detik]

(mae/fdn)