detikNews
Rabu 02 Oktober 2019, 11:20 WIB

Harapan Warga Wamena yang Mengungsi ke Jayapura

Rolando F - detikNews
Harapan Warga Wamena yang Mengungsi ke Jayapura Candra, warga Wamena yang mengungsi ke Jayapura, Rabu (2/10/2019). (Roland/detikcom)
Jayapura - Masih ada warga Wamena, Papua, yang mengungsi di Jayapura. Warga berharap segera kembali ke Wamena setelah kondisi kondusif.

"Harapannya situasi kembali kondusif. Supaya kita kembali ke Wamena. Itu harapan kita," kata seorang pengungsi, Candra (32), di Posko Masjid Al Aqsha, Sentani, Jayapura, Rabu (2/9/2019).

Candra bersama pengungsi lain saat ini hanya bisa menunggu Wamena benar-benar kondusif. Dia punya keinginan besar untuk kembali ke Wamena.


"Kita tunggu sampai kondusif dulu. Sama kita punya perasaan kan masih trauma juga, kita (berharap) dalam secepatnya kembali ke Wamena," sambungnya.

Akibat kerusuhan pada Senin (23/9), rumah Candra hangus terbakar. Saat ini Candra bersama sejumlah warga Wamena tinggal di pengungsian.

"Kalau saya tidak sana, kalau dengar informasi dari keluarga saja rumah hancur terbakar hangus. Jadi semua pakaian di badan semua rata-rata. Pakaian saja," kata pria kelahiran Maluku ini.

"Tapi kita bersyukur dapat pakaian juga di sini, disiapin di sini. Menu makan juga terjamin, airnya juga terjamin bagus bersih. Ya rasa puaslah," imbuhnya.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw sebelumnya berharap jumlah pengungsi dari Wamena tidak bertambah. Paulus menjamin keamanan warga di Wamena.

"Kami menjamin keamanannya. Artinya, kekuatan kami akan kami pertebal, membuat senyaman mungkin saudara kita di Wamena dan sekitarnya," katanya.



Pijar Lilin Hiasi Monas, Warga Gelar Aksi Solidaritas untuk Wamena:

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com