Pemprov Banten Kirim Tim untuk Jemput Warganya di Jayapura Papua

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 02 Okt 2019 11:02 WIB
Evakuasi korban dan pengungsi dari Wamena. (Dok. Dispen TNI AU)
Serang - Pemprov Banten akan mengirimkan tim untuk mendata dan menjemput warganya yang tinggal di Jayapura, Papua, terkait kondisi keamanan di wilayah itu. Tim akan berangkat pukul 22.45 WIB malam nanti.

Plt Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kusmayadi mengatakan tim terdiri atas Dinas Sosial, Kesbangpol, dan Diskominfo. Tim akan memantau langsung ke titik di Sentani, Waena, dan Jayapura.

"Kemudian melakukan pendataan dan seleksi terhadap pengungsi khususnya asal Banten," kata Kusmayadi saat dimintai konfirmasi detikcom dari Serang, Banten, Rabu (2/10/2019).


Setelah itu, jika ada warga Banten yang ingin dipulangkan, Pemprov akan membantu kepulangan para pengungsi. Namun pihaknya tidak akan memaksa jika warganya ingin menetap di Papua.

"Jadi dimungkinkan 2 solusi, kalaupun mereka tidak ingin pulang akan diberikan tetap bantuan nanti. Kemudian kalau yang pulang dipulangkan oleh kita," ujarnya.

BPBD, lanjutnya, baru mendapatkan data 9 orang warga yang berada di Jayapura. Mereka mayoritas berasal dari wilayah Kota Serang yang merantau. Namun tidak tertutup kemungkinan masih ada warga Banten lain di sana.

Selanjutnya
Halaman
1 2