Puan Harap Komitmen Pimpinan Fraksi Agar Anggotanya Hadiri Paripurna

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 01 Okt 2019 23:16 WIB
Puan Maharani (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Sidang paripurna kedua dengan agenda pelantikan pimpinan DPR malam ini hanya dihadiri 285 anggota Dewan. Ketua DPR Puan Maharani berharap pimpinan fraksi dapat mengimbau anggotanya hadir dalam rapat paripurna.

"Tata cara aturan memang kuorumnya 231 dan memang rapat paripurna sudah memenuhi kuorum. Namun ke depan kami mengharapkan komitmen pimpinan fraksi supaya bisa mengimbau anggotanya di acara-acara yang perlu kehadiran anggota untuk bisa datang ke acara tersebut," kata Puan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).



Puan mengatakan dirinya bersama pimpinan DPR lain juga akan mencari suatu formula agar para anggota Dewan memiliki komitmen untuk hadir dalam rapat. Mengingat, para anggota Dewan juga memiliki tugas dan kewajiban turun ke dapilnya.

"Kami akan mencari satu formula bagaimana kemudian anggota DPR ini lebih mempunyai komitmen untuk hadir dalam rapat-rapat. Namun, yang perlu diketahui juga bahwa sebagai wakil rakyat di daerah konsituennya masing-masing anggota DPR itu mempunyai kewajiban untuk turun ke dapilnya," ujarnya.



"Jadi memang harus ada formula atau mekanisme yang kemudian nanti mengatur bahwa selain menjadi tanggung jawab untuk turun ke dapil, ada juga tanggung jawab untuk melaksanakan apa fungsi di gedung DPR ini," sambung Puan.

Seperti diketahui, malam ini DPR menggelar pelantikan pimpinan. Pelantikan itu dihadiri 285 anggota Dewan yang baru saja dilantik pagi tadi.

Berikut ini catatan kehadiran tiap fraksi:
PDIP hadir 94 dari 128
Golkar hadir 31 dari 85
Gerindra hadir 46 dari 78
NasDem hadir 27 dari 59
PKB hadir 15 dari 58
Demokrat hadir 4 dari 54
PKS hadir 25 dari 50
PAN hadir 7 dari 44
PPP hadir 16 dari 19 (mae/idn)