Puan Maharani: 8 RUU yang Tertunda Akan Jadi Prioritas Prolegnas

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 01 Okt 2019 23:00 WIB
Puan Maharani. (Foto: Dok.PDIP)
Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan 8 RUU yang tertunda pada DPR periode 2014-2019 akan diprioritaskan. Dia mengatakan RUU tersebut akan dimasukkan dalam Prolegnas Prioritas DPR periode 2019-2024.

"Sudah ada 8 undang-undang yang kemarin dalam periode lalu yang kemudian akan ditunda. Tentu saja itu akan jadi prioritas Prolegnas ke depan namun tentu saja mekanisme dan tata cara akan kita lakukan dalam tata tertib yang akan datang," kata Puan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).



Puan tak menjelaskan apa saja 8 RUU tersebut. Namun, dalam DPR periode 2014-2019 ada 8 RUU yang ditunda yakni RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS), RUU Pertanahan, RUU Permasyarakatan, RKUHP, RUU Koperasi, RUU Minerba, RUU Ketenagakerjaan, RUU Pengawasan Obat dan Makanan.

Kendati demikian, Puan mengatakan dirinya dan pimpinan DPR lainnya akan mengkaji lebih dulu sebelum melanjutkan untuk membahas RUU tersebut.

"Saya akan melihat dulu karena pimpinan sekarang baru dilantik. Saya akan melihat dahulu bagaimana hasil dari kemarin pelaksanaan UU yang kemudian ditunda itu apakah akan kita bahas dalam tata tertib yang seperti apa," ujarnya.