Cak Imin Jadi Wakil Ketua DPR, PKB Lepas Kursi Ketua MPR?

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 01 Okt 2019 22:47 WIB
Foto: Cak Imin beri sambutan di Muktamar PKB (Gibran-detikcom)
Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin resmi dilantik sebagai Wakil Ketua DPR periode 2019-2024. Dengan dilantiknya Cak Imin, apakah PKB akan keluar dari bursa perebutan kursi Ketua MPR?

"Oh belum tentu (PKB mundur dari bursa Ketua MPR), itu nggak ada hubungannya. Ya kita selesaikan satu-satu," kata Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).



Jazilul mengatakan nama yang akan diajukan PKB sebagai pimpinan MPR masih ada di tangan Cak Imin. Ia belum mau berspekulasi apakah nantinya PKB akan legawa jika tak mendapat kursi Ketua MPR.

"Belum tentu (PKB legawa jika tak jadi Ketua MPR), jangan dulu. Kan masih tanggal 3 (Oktober, pemilihan Ketua MPR)," ucapnya.

Terkait dipilihnya Cak Imin sebagai Wakil Ketua DPR, Jazilul menyebut hal itu adalah pilihan terbaik dan hasil keputusan fraksi. Meski nama Cak Imin baru disetorkan di saat-saat terakhir jelang pelantikan, Jazilul mengatakan partainya mendiskusikan nama secara hati-hati.

"Nggak ada yang alot, kita hanya merembukkan secara hati-hati, mempertimbangkan matang-matang. Nggak ada alot. Jadi hanya mempertimbangkan secara matang bagaimana mengambil posisi di Wakil Ketua DPR itu, siapa yang pas," jelasnya.