ADVERTISEMENT

Aksi Damai Tuntas, Mahasiswa Diantar Personel TNI-Polri ke Stasiun Palmerah

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 01 Okt 2019 19:39 WIB
Personel TNI-Polri mengantar mahasiswa pendemo pulang hingga ke Stasiun Palmerah. (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Mahasiswa yang menggelar demonstrasi di sekitar gedung DPR RI telah membubarkan diri. Personel TNI-Polri yang mengamankan demonstrasi pun mengantarkan massa yang hendak pulang menggunakan KRL ke Stasiun Palmerah.

Pantauan detikcom di Stasiun Palmerah, Jakarta, Selasa (1/10/2019), tampak sejumlah massa mengenakan jas almamater dikawal dan diantarkan personel TNI-Polri hingga masuk ke stasiun.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan mengatakan hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kericuhan. Dia menilai aksi hari ini terdiri dari beberapa elemen mahasiswa yang berjalan dengan tertib dan sudah selesai.



"Ada sekitar 1.000 ya tadi. Hari ini paling banyak ini gabungan dari BEM Bogor sekitar 350 orang, mereka minta difasilitasi oleh Polri oleh TNI untuk jalan kembali ke Palmerah untuk kembali ke Bogor," ujar Harry, yang ikut mengantarkan para mahasiswa ini.

Harry mengatakan kelompok mahasiswa asal Bogor itu meminta personel polisi dan TNI mendampingi mereka pulang hingga ke Stasiun Palmerah agar merasa aman. Dia mengatakan para mahasiswa ini khawatir ada massa penyusup yang bisa memicu kericuhan.

"Karena mereka juga nggak mau ribut nggak mau rusuh. Mereka takut ada penyusup. Tadi minta dikawal kami, TNI-Polri, minta difasilitasi sampai Stasiun Palmerah meyakinkan dengan dikawal TNI-Polri mereka merasa aman dan nyaman," katanya.



Sementara itu, kordinator BEM SI Bogor, Muhammad Abdul Muhtar, menyampaikan terima kasih atas pengawalan itu. Dia menyebut antara mahasiswa dan aparat memiliki pandangan yang sama, yakni tidak ingin terjadi perpecahan.

"Kepolisian, TNI, dan mahasiswa memiliki kepedulian yang sama. Kita tidak ingin terjadi perpecahan, kita ingin kebersamaan terjadi antarsesama masyarakat, TNI dan polisi dan tentunya pemerintah semuanya ini memiliki satu kesamaan, yaitu untuk mengubah bangsa ke depan," katanya.

Aksi Damai Tuntas, Mahasiswa Diantar Personel TNI-Polri ke Stasiun Palmerah



Tonton juga video Mau Demo di Jakarta, 66 Pelajar Sukabumi Positif Konsumsi Benzodiazepine:

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT