Puan Maharani Jadi Ketua DPR, Ini 7 Faktanya

Puti Yasmin - detikNews
Selasa, 01 Okt 2019 18:49 WIB
Puan Maharani Bakal Jadi Ketua DPR? Ini 7 Faktanya/Foto: Puan Maharani (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Puan Maharani, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dipastikan akan menjadi ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu 2019 sudah menugaskan Puan sebagai Ketua DPR RI.

Politikus PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari mengatakan, Puan Maharani pantas menjadi ketua DPR. Sebab putri Ketum PDI Perjuangan itu pernah menjabat Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di kabinet Joko Widodo (Jokowi) - Jusuf Kalla.



Berikut fakta-fakta Puan Maharani yang dirangkum detikcom:

1. Cucu Proklamator

Puan Maharani merupakan cucu dari proklamator Indonesia, Sukarno. Ia anak perempuan satu-satunya dari Megawati Soekarnoputri dan Taufik Kiemas.

2. Suami Pengusaha

Suami Puan Maharani merupakan seorang pengusaha bernama Hapsoro Sukmonohadi atau akrab disapa Happy Hapsoro. Sang suami menggeluti berbagai bismis mulai dari migas hingga real estate.

3. Punya Dua Anak

Dari pernikahannya dengan Hapsoro, Puan Maharani dikaruniai dua orang anak, yaitu Praba Diwangkara Caraka Putra Soma dan Diah Pikatan Orissa Putri.

4. Kuliah di UI

Puan Maharani merupakan alumni dari Universitas Indonesia. Ia menempuh pendidikan di UI jurusan Ilmu Komunikasi.

5. Pernah Jadi Jurnalis

Saat masih duduk di bangku kuliah, Puan Maharani pernah magang di majalah Forum Keadilan. Di sana, pemilik akun Instagram @puanmaharaniri ini berkesempatan menjadi seorang jurnalis.



6. Politisi

Kehidupan politik telah dekat dengannya sedari kecil. Namun, Puan Maharani baru terjun ke dunia politik pada tahun 2006, mengikuti jejak sang ibu.

7. Dipastikan Jadi Ketua DPR

Puan Maharani dipastikan menjadi ketua DPR RI. Ia akan menjadi perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI. Penunjukan Puan Maharani juga sebagai penugasan langsung dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri.




Tonton juga video Puan Maharani: Saya Harap DPR ke Depan Bisa Hasilkan UU Produktif:

[Gambas:Video 20detik]

(pay/erd)