HMI Tuntut Jokowi Keluarkan Perppu Cabut UU KPK yang Baru

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 01 Okt 2019 16:57 WIB
Massa HMI (Alfons/detikcom)
Jakarta - Massa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) membacakan tuntutan mereka dalam aksi di dekat DPR. Mereka menyampaikan 3 poin aspirasi agar dilaksanakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tuntutan tersebut disampaikan orator HMI dari atas mobil komando yang berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Salah satu tuntutan mereka adalah meminta Jokowi berani menerbitkan Perppu untuk membatalkan UU KPK yang baru hasil revisi.


"Kita tuntut Presiden berani keluarkan Perppu mengembalikan UU Nomor 30 Tahun 2002. Kami tuntut anggota DPR terhormat supaya Perppu itu disahkan jadi UU sehingga UU Nomor 30 Tahun 2002 menjadi aktif seperti semula sehingga KPK tetap kuat memberantas korupsi di negeri ini," kata orator tersebut.

Selain itu, massa menyampaikan dukacita atas meninggalnya mahasiswa di Kendari ketika melakukan demonstrasi. Mereka mendoakan korban dan meminta polisi mengusut tuntas kasus tersebut.


"Untuk itu, kita semua tuntut hari ini supaya kepolisian tuntut tuntas siapa pun pelaku pembunuh saudara kita ini," jelas sang orator.

Tak lama berselang, sebagian massa HMI lalu membubarkan diri bergerak ke arah Jalan Gerbang Pemuda setelah diperintahkan orator dari mobil komando. Sebagian massa masih bertahan di bawah flyover Ladokgi setelah sempat menggulingkan sejumlah barier beton.

"Tiga poin itu kita bawa hari ini. Sesungguhnya kita ingin ketemu anggota Dewan, tapi apa daya, tameng polisi menghadang," katanya.



Tonton juga video Tolak UU KPK, Mahasiswa Unhas Merahkan Jalanan:

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/hri)