Massa di DPR Bawa 'Kuburan', Protes UU KPK Baru-Tewasnya Mahasiswa Kendari

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Selasa, 01 Okt 2019 15:28 WIB
Foto: Massa mahasiswa membawa replika kuburan (Foto: Jefrie Nandy Satria-detikcom)
Jakarta - Mahasiswa yang menggelar demonstrasi di sekitar gedung DPR membawa replika kuburan berwarna hitam ke lokasi aksi. Replika kuburan ini dibawa sebagai simbol protes massa terhadap UU KPK baru yang dinilai membuat KPK lemah.

Pantauan detikcom di lokasi aksi, persimpangan jalan Gerbang Pemuda dan Jalan Gatot Subroto, Jakarta, pukul 14.50 WIB, Selasa (1/10/2019), massa aksi mulai membawa replika kuburan ke depan barikade aparat yang menjaga demonstrasi.


Massa di DPR Bawa 'Kuburan', Protes UU KPK Baru-Tewasnya Mahasiswa KendariFoto: Massa mahasiswa membawa replika kuburan (Foto: Jefrie Nandy Satria-detikcom)

Terlihat ada tiga replika kuburan berwarna hitam yang dibawa. Massa juga menaburkan bunga di atas replika kuburan itu.

Tampak tulisan RIP KPK 2002-2019 di salah satu replika kuburan. Ada juga repilka kuburan bertuliskan 'Turut berduka sahabat kami Immawan Randi dan Yusuf Qardawi 2019'.

Massa di DPR Bawa 'Kuburan', Protes UU KPK Baru-Tewasnya Mahasiswa KendariFoto: Massa mahasiswa membawa replika kuburan (Foto: Jefrie Nandy Satria-detikcom)


Selain itu, terlihat juga spanduk yang dibentangkan di jalan. Ada empat tuntutan yang tertulis pada spanduk itu, yakni:

1. Merestorasi upaya pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme

2. Merestorasi demokrasi hak rakyat untuk bependapat, penghormatan perlindungan dan pemenuhan HAM serta keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan

3. Merestorasi pelaksanaan reforma agraria dan perlindungan SDA serta tenaga kerja dari ekonomi yang eksploitatif

4. Merestorasi kesatuan bangsa dengan penghapusan diskriminasi antaretnis , penghapusan kesenjangan ekonomi dan perlindungan perempuan.


Simak Video "Menggantung Asa pada Wakil Rakyat Baru"

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)