detikNews
Selasa 01 Oktober 2019, 13:43 WIB

Jimly Asshiddiqie Siap Jika Ditunjuk Jadi Ketua DPD RI

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jimly Asshiddiqie Siap Jika Ditunjuk Jadi Ketua DPD RI Jimly Asshiddiqie (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta - DPD RI 2019-2024 juga bakal menentukan pimpinan untuk 5 tahun ke depan. Senator Jimly Asshiddiqie mengaku siap jika ditunjuk menjadi Ketua DPD RI yang baru.

Jimly awalnya mengatakan baik DPR maupun DPD diharapkan selesai menentukan pimpinan kelembagaan sesegera mungkin. Ditanya apakah dirinya termasuk kandidat kuat menjadi Ketua DPD RI, Jimly mengaku siap jika ditunjuk rekan-rekannya.


"Kalau misalnya mayoritas anggota DPD memberikan kepercayaan, insyaallah kami akan melanjutkan apa yang sudah baik di DPD banyak prestasi dari periode kemarin, tapi banyak juga masalah yang perlu kita perbaiki. Itu yang baik kita teruskan, yang kurang kita perbaiki," kata Jimly di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Jimly memerinci contoh konkret yang akan dibawanya ke DPD periode 2019-2024. Dia berbicara soal kekompakan.

"Antara lain kekompakan, jadi DPD adalah simbol persatuan bangsa karena berasal dari 34 provinsi di tengah masalah-masalah hubungan antaretnis, antarumat beragama yang sedang retak pascapilpres dan itu tecermin di kasus mana-mana, termasuk di Papua," sebut Jimly.


Jimly mengatakan DPD RI merupakan cermin dari persatuan Indonesia. Oleh karena itu, dia ingin DPD kompak, terlebih akan ada pemilihan pimpinan MPR dalam kurun waktu dua hari mendatang.

"Sedangkan DPD itu fraksi terbesar di MPR, mestinya menentukan. Termasuk kalau kompak bisa ditawarkan karena semua partai sudah punya wakil dalam kepemimpinan MPR, maka sekarang kesempatan yang akan menjadi Ketua MPR dari DPD, tapi syaratnya harus kompak ini DPD," ucap Jimly.


Bamsoet ke Anggota DPR Baru: Selesaikan yang Belum, Perbaiki!:

[Gambas:Video 20detik]




(gbr/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com