detikNews
Selasa 01 Oktober 2019, 12:25 WIB

Melihat Rumah Pintar di Miangas yang Jadi Gerbang Wawasan Dunia Luar

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Melihat Rumah Pintar di Miangas yang Jadi Gerbang Wawasan Dunia Luar Anak-anak Miangas Beraktivitas di Rumah Pintar/Foto: Muhammad Ridho
Kepulauan Talaud - Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan sebuah pulau kecil yang berada di ujung utara Indonesia. Luas pulau ini tak lebih dari 3,2 kilometer persegi, dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam saja untuk mengelilingi pulau mungil ini.

Saat tim ekspedisi detikcom berkeliling komplek pedesaan yang berada di selatan pulau, kami menemukan suatu bangunan unik yang terletak tak jauh dari pelabuhan Feri. Sebuah rumah kayu berlantai dua ini berdiri dan tampak kontras disandingkan dengan rumah warga yang ada di sekitarnya.


Saat ditanyakan ke warga sekitar, ternyata bangunan yang kami maksud dinamakan Rumah Pintar. Rumah Pintar merupakan program dari pemerintah yang didukung oleh Bank BRI dalam rangka pembangunan wilayah terluar NKRI. Ada berbagai macam buku bacaan yang dapat digunakan sebagai sarana belajar bagi anak-anak di desa ini.

Kini Pulau Miangas sudah tak pernah lagi ketinggalan informasi. Sebab, sejak 2016 silam sudah ada jaringan WiFi yang terpasang di pulau ini. Ada 5 lokasi yang menjadi titik hotspot di Miangas, salah satunya berada di Rumah Pintar.

 Anak-anak Miangas Beraktivitas di Rumah Pintar Anak-anak Miangas Beraktivitas di Rumah Pintar Foto: Muhammad Ridho

"Saya senang punya rumah pintar, karena bisa baca-baca buku dan bisa internet, untuk menonton film-film barbie," ucap Dini, seorang siswa kelas IV SD Negeri Miangas kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Menurut Camat Khusus Miangas, Sepno Lantaa, hadirnya Rumah Pintar dan WiFi Nusantara di Miangas sangat membantu warga, khususnya anak-anak pulau perbatasan untuk mengakses informasi dari dunia luar.


"Rumah Pintar ini sebagai sarana komunikasi bagi anak-anak terutama anak-anak SD, SMP, SMK dalam memberikan keterangan untuk mencari literatur-literatur pelajaran," ujarnya.


Simak video "Rumah Pintar, Gerbang Informasi Dunia Luar di Pulau Miangas"

Menurut Sepno, sebelum adanya Rumah Pintar dan WiFi Nusantara, akses informasi di Pulau Miangas begitu terbatas. Namun, kehadiran program pemerintah ini banyak membantu warga dalam mengakses informasi melalui jaringan WiFi yang tersedia.
 Anak-anak Miangas Beraktivitas di Rumah Pintar Anak-anak Miangas Beraktivitas di Rumah Pintar Foto: Muhammad Ridho


Tak hanya anak-anak, imbuhnya, para aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri juga semakin mudah mengirimkan laporan-laporan administrasi kepada para pimpinan yang berada di kantor pusat.


detikcom bersama Bank BRI mengadakan program Tapal Batas yang mengulas perkembangan infrastruktur, ekonomi, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan. Untuk mengetahui informasi dari program ini, ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Dari Kami Untuk Mereka di Tapal Batas"
[Gambas:Video 20detik]

(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com