detikNews
Selasa 01 Oktober 2019, 11:04 WIB

OSO Komentari Demo Berujung Rusuh: Itu Melupakan Pancasila

Jefrie Nandy Satria - detikNews
OSO Komentari Demo Berujung Rusuh: Itu Melupakan Pancasila Oesman Sapta Odang (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang turut mengomentari aksi demonstrasi yang berujung ricuh di sekitar kompleks parlemen. Pria yang karib disapa OSO itu menyebut para pelaku kericuhan itu melupakan Pancasila.

"Itulah salah satu (bentuk) melupakan Pancasila. Sebab, Pancasila itu selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat, bukan demo-demo," kata OSO di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2019).

OSO sebelumnya bertugas membaca naskah Pancasila pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila pagi tadi. Menurutnya, Pancasila harus selalu diingat dan diingatkan oleh setiap elemen bangsa Indonesia.




"Sebenarnya kita mengingat Pancasila selama hidup kita bagian daripada fundamental kehidupan bangsa, fondasi. Jadi memang harus diingat setiap saat dan harus diingatkan kepada semua pihak," kata OSO.

Namun OSO mengatakan demo merupakan bagian dari demokrasi. Jika masyarakat ingin berdemo lagi, dia mengimbau untuk melakukannya dengan tertib.

"Ya itulah demokrasi. Tapi demokrasinya asal demonya tertib, membawakan misi-misi yang benar, jangan anarkistis. Kalau anarkistis gitu kan yang rugi rakyat dan bangsa. Apalagi perusakan-perusakan kepada barang-barang milik rakyat, itu kurang benar ya," ucap OSO.
(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com