Banding Kandas, Eks Dirut Pertamina Karen Tetap Dibui 8 Tahun karena Korupsi

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 01 Okt 2019 09:38 WIB
Karen Agustiawan (ari/detikcom)
Jakarta - Permohonan banding mantan Dirut Pertamina, Karen Agustiawan ditolak Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta. Alhasil, Karen yang bernama lengkap Galaila Karen Kardinah itu tetap dihukum 8 tahun penjara karena korupsi.

Kasus bermula saat Karen memutuskan melakukan investasi participating interest (PI) di Blok BMG Australia pada 2009 silam. Investasi bernilai ratusan miliar itu belakangan bermasalah. Karen kemudian duduk di kursi pesakitan.

Pada 10 Juni 2019, PN Jakpus memutuskan Karen melakukan investasi itu tanpa melakukan pembahasan dan kajian terlebih dulu. Selain itu, investasi tersebut tanpa ada persetujuan dari bagian legal dan dewan komisaris PT Pertamina.

Majelis hakim dalam putusan menyatakan tindak pidana korupsi dilakukan Karen bersama-sama dengan eks Direktur Keuangan Pertamina Ferederick S.T Siahaan, eks Manajer Merger dan Akuisisi Pertamina Bayu Kristanto, serta Legal Consul and Compliance Pertamina Genades Panjaitan. Hakim meyakini Karen telah menyalahgunakan jabatan untuk melakukan investasi.

Majelis hakim juga menyatakan Pertamina tidak memperoleh keuntungan secara ekonomis lewat investasi di Blok BMG. Sebab, sejak 20 Agustus 2010, ROC selaku operator di blok BMG menghentikan produksi dengan alasan lapangan tersebut tidak ekonomis lagi.
Selanjutnya
Halaman
1 2