detikNews
2019/10/01 05:12:56 WIB

Keutamaan Ayat Kursi yang Bisa Datangkan Perlindungan

Lusiana Mustinda - detikNews
Halaman 1 dari 2
Keutamaan Ayat Kursi yang Bisa Datangkan Perlindungan Foto: shutterstock
Jakarta - Ayat kursi sering dibaca ketika kita meminta perlindungan kepada Allah SWT. Di balik dahsyatnya ayat ke-255 dari surat Al-Baqarah ini, ternyata memiliki keutamaan yang banyak. Apa saja keutamaan ayat kursi?



Ayat kursi disebut-sebut memiliki kedudukan yang besar. Berikut ini bacaan ayat kursi dan artinya:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."



Berikut ini beberapa keutamaan ayat kursi yang bisa dibaca kapanpun:

1. Memiliki Kedudukan yang Besar

Di dalam sebuah hadis sahih dari Rasulullah SAW disebutkan bahwa ayat kursi merupakan ayat yang paling utama di dalam KItabullah. Dikutip dalam buku berjudul Ayat Kursi dan Ayat Cahaya di Atas Cahaya oleh Imam Ibnu Katsir dan Jalalain menuliskan Imam Ahmad mengatakan:

Telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah menceritakan kepada kami Sufyan, dari Sa'id Al-Jariri dari Abus Salil dari Abdullah Ibnu Rabah dari Ubay ibnu Ka'b bahwa Nabi SAW pernah bertanya kepadanya, "Ayat KItabullah manakah yang paling agung? "Ubay menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui."

Nabi SAW mengulang-ulang pertanyaannya, maka Ubay menjawab, "Ayat Kursi". Lalu Nabi SAW bersabda: Selamatlah dengan ilmu yang kamu miliki, hai Abdul Munzir. Demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman kekusaan-Nya, sesungguhnya Ayat Kursi itu mempunyai lisan dan sepanjang bibir yang selalu menyucikan Tuhan Yang Mahakuasa di dekat pilar Arasy.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com