detikNews
2019/09/30 18:44:57 WIB

Pansus Pemindahan Ibu Kota Selesaikan Rekomendasi, Ini Hasilnya

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 3
Pansus Pemindahan Ibu Kota Selesaikan Rekomendasi, Ini Hasilnya Zainudin Amali (Foto: Lamhot Aritonang-detikcom)
Jakarta - DPR membentuk panitia khusus (pansus) merespons surat Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pemindahan ibu kota. Pansus DPR meminta pemerintah memperdalam kajian pemindahan ibu kota tersebut.

"Kita memahami apa yang disampaikan oleh pemerintah. Tetapi kita dari berbagai fraksi-fraksi minta untuk diperdalam lagi kajiannya, kemudian melengkapi dengan perbandingan-perbandingan," kata Ketua Pansus Pemindahan Ibu Kota Zainudin Amali di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019).



Perbandingan yang dimaksud Amali misalnya kondisi Jakarta saat ini dengan nanti jika sudah tak lagi menjadi ibu kota. Perbandingan itu disebut Amali agar RUU soal pemindahan ibu kota dapat disusun secara komprehensif.

"Misalnya, dengan kita merehabilitasi Jakarta dan kita memindahkan (ibu kota) kira-kira seperti apa perbandingannya. Jadi perbandingan-perbandingan, sehingga pada saat pemerintah nanti akan maju dengan RUU sudah komprehensif. Tetapi, kita memahami apa yang disampaikan oleh pemerintah. Itu kira-kira garis besar rekomendasinya," jelas Amali.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com