Sekjen DPR: Kalau Stamina Kuat Pelantikan Pimpinan DPR Digelar Besok Malam

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 30 Sep 2019 17:34 WIB
Suasana gladi bersih pelantikan (Foto: Mochammad Zhacky/detikcom).
Suasana gladi bersih pelantikan (Foto: Mochammad Zhacky/detikcom).
Jakarta - Pemilihan pimpinan DPR RI periode 2019-2024 akan digelar besok, Selasa (1/10) setelah pelantikan anggota DPR terpilih. Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan jika memungkinkan pelantikan pimpinan DPR bakal digelar besok malam.

"Sore itu, kalau disepakati, langsung penetapan pimpinan DPR. Kalau staminanya masih kuat, malam itu kami berkoordinasi dengan MA (Mahkamah Agung) untuk langsung diadakan pelantikan, malamnya, DPR. Kalau terlalu lelah, besok paginya, tanggal 2 (Oktober)," kata Indra di Ruang Rapat Paripurna I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019).



Indra menjelaskan pelantikan anggota DPR 2019-2024 akan besok dan akan selesai sebelum pukul 12.00 WIB. Setelah pelantikan, Indra menuturkan akan digelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk membahas agenda sidang.

"Besok rangkaian pelantikan DPR, DPD dan MPR di jadwal selesai pukul 11.40 WIB. Setelah itu kami break makan siang, habis itu masuk lagi untuk pembahasan di fraksi masing-masing terhadap agenda yang sudah kami susun, persiapan ketua dan pimpinan DPR," ujar Indra.

"Setelah itu kami sudah susun ada Bamus kecil untuk menyusun acara sampai dengan sore atau malam. Bamus dari semua fraksi-fraksi. Bamusnya akan setelah pukul 14.00 WIB akan kami pertemukan, pimpinan termuda dan tertua akan pimpin rapat Bamus," imbuhnya.



Pihak panitia juga sudah mengantisipasi kemungkinan unjuk rasa pada saat pelantikan. Untuk mengantisipasi hal itu pihak panitia akan memberangkan para anggota DPR terpilih pagi hari.

"Jadi semua pagi, pukul 07.00 WIB sudah berangkat dari titik-titik penginapan semua. Jadi semua nanti sarapan dan sebagainya akan kami atur di sini, di Kompleks Parlemen, bukan di hotel. Jadi lebih awal berangkat pukul 07.00 WIB. Tapi acara semua tetap sesuai jadwal kami mulai pukul 10.00 WIB setelah kedatangan Bapak Presiden dan Wapres," paparnya. (zak/haf)