detikNews
Senin 30 September 2019, 16:34 WIB

Tanggulangi Masalah Sampah, Nestlè Luncurkan Sedotan dan Gelas Kertas

Angga Laraspati - detikNews
Tanggulangi Masalah Sampah, Nestlè Luncurkan Sedotan dan Gelas Kertas Foto: Dok. Neslte
Jakarta - Nestlè Indonesia mengumumkan terobosan baru dalam inovasi sedotan kertas pertama di Indonesia dan gelas kertas daur ulang 100 persen.

"Sebagai inisiatif perdana, sedotan kertas untuk minuman kemasan pertama di Indonesia akan segera diluncurkan, diikuti dengan gelas kertas daur ulang 100 persen," ujar Presiden Direktur Nestlè Indonesia Dharnesh Gordon, di The Dharmawangsa Hotel, Jumat (27/9/2019).

Inisiatif ini menjadikan Nestlè Indonesia sebagai perusahaan makanan dan minuman pertama yang memperkenalkan sedotan kertas untuk minuman kemasan.

"Kami berencana untuk menerapkan solusi kemasan yang sama untuk varian ready to-drink lainnya secara bertahap dengan tujuan akhir mengeliminasi 450 juta sedotan plastik," Ujar Dharnesh.


Sejalan dengan hal itu, Nestlè ingin membantu membentuk pengembangan infrastruktur daur ulang yang efektif. Meskipun demikian, Nestlè tidak dapat melakukan hal ini sendirian. Nestlè Indonesia berkolaborasi dengan pemasok kemasan Nestlè, SIG Combibloc, dan mitra bisnis, Alfamart dan Indomaret membuat sistem pengumpulan limbah (sampah).

"Nestlè percaya bahwa peningkatan laju daur ulang sangat penting untuk mencapai masa depan yang bebas dari limbah," ujar, Dharnesh Gordon.

Nestlè lewat produknya NESCAFE mengusulkan penempatan 50 (lima puluh) drop box untuk membuat sistem pengumpulan sampah. Nantinya SIG Comblibloc dan mitra Armada Kemasan akan melakukan pengumpulan sampah yang nantinya akan di daur ulang menjadi produk seperti papan dan atap terkompresi yang akan dijual kembali ke konsumen.

Pada saat yang sama, Nestlè juga memperkenalkan gelas kertas (paper cup) yang dapat di daur ulang 100 persen untuk menyajikan minuman dingin dalam setiap kegiatan olahraga yang dilakukan MILO. Hal ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.


Hal ini menjadi aksi dari komitmen Nestlè Indonesia dalam mengembangkan kemasan untuk masa depan. Sejalan dengan target pemerintahan Indonesia untuk mengurangi sampah plastik hingga 70 persen pada 2025.

Sedotan kertas itu sendiri akan diluncurkan untuk produk NESCAFE Lively Yuzu dan Cool Coconut, yang akan dijual di toko Alfamart dan Indomaret di daerah Jabodetabek yang rencananya akan diperkenalkan pada kuartal keempat tahun 2019. Sedangkan untuk gelas kertas akan diperkenalkan pada kuartal pertama tahun 2020 lewat produk MILO yang akan disajikan pada setiap kegiatan olahraga MILO.
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com