Mahasiswa Gabung Demo di Patung Kuda, Tuntut Pemerintahan Bersih

Rolando F Sihombing - detikNews
Senin, 30 Sep 2019 14:59 WIB
Massa mahasiswa bergabung di demo pemuda-petani di Patung Kuda. (Rolando/detikcom)
Jakarta - Mahasiswa dari Universitas Nasional (Unas) bergabung dengan massa petani dan pemuda berdemo di Patung Kuda. Mereka menuntut pemerintahan yang bersih.

Pantauan detikcom di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (30/9/2019), mahasiswa Unas tiba pada pukul 14.20 WIB. Massa terlihat tiba datang menggunakan 2 minibus sambil membawa bendera dan spanduk.


Salah satu spanduk yang dibawa dan dibentangkan bertulisan 'Join Us, We Fight For Clean Government'. Spanduk lain yang dibentangkan bertulisan 'Unas Menolak RUU yang Merugikan Rakyat'.

Mahasiswa Unas kemudian disambut dengan sorak-sorai oleh massa Front Perjuangan Rakyat (FPR) yang sebelumnya lebih dulu berada di lokasi. Orator di mobil komando meminta massa memberi jalan agar mahasiswa bergabung.

"Selamat datang mahasiswa Unas. Beri jalan, selamat bergabung," ujar orator.


Mereka juga meneriakkan yel-yel protes terhadap pemerintah. "Jokowi-JK boneka Amerika," teriak massa.

Sementara itu, Jalan Medan Merdeka Barat yang mengarah ke Jalan Medan Merdeka Utara dan Jalan Majapahit ditutup oleh polisi. Polisi menyiagakan kawat berduri, mobil barikade, dan mobil water cannon di lokasi.

Sejumlah personel kepolisian juga terlihat bersiaga di sekitar Jalan Medan Merdeka Barat. Kendaraan tidak dapat melintas ke arah Istana Negara.



Tonton video Polisi Dalami Oknum Dosen IPB yang Diduga Rancang Kerusuhan Demo:

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)