Polri Tetapkan 5 Tersangka Kerusuhan, Sebagian Besar Bukan dari Wamena

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Senin, 30 Sep 2019 10:35 WIB
Wamena rusuh terkait isu rasial, Senin (23/9/2019). (Foto: Istimewa)
Jakarta - Polisi menetapkan 5 tersangka terkait kerusuhan di Wamena, Papua. Para tersangka kebanyakan berasal dari luar Wamena.

"Dari hasil pemeriksaan 5 tersangka yang sudah ditetapkan oleh Polres Wamena, pelakunya sebagian besar bukan pelaku dari Wamena sendiri, tapi juga berbaur dengan pelaku dari luar Wamena," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (30/9/2019).


Namun Dedi belum merinci peran kelima tersangka itu. Saat ini polisi berfokus memperbaiki fasilitas yang rusak akibat kerusuhan.

"Saat ini fokus aparat keamanan melakukan proses rehabilitasi terhadap fasilitas yang rusak, itu pun langsung mendapat dukungan dari pemerintah pusat, agar bisa cepat pulih kembali," ujarnya.


Dia menyebut jaminan keamanan sudah disampaikan oleh aparat dan kepala suku di Wamena. Para pengungsi juga akan segera dikembalikan ke wilayah itu.

"Dengan jaminan keamanan, insyaallah nanti para pengungsi yang sudah ditampung, ada di Polres Jayapura, ada di Kodim, kemudian di gereja, dan masjid-masjid itu nanti akan berangsur-angsur kalau kondisi psikologisnya cukup baik akan dikembalikan ke Wamena," ucapnya.


Pascarusuh, Warga Pendatang di Wamena Mudik ke Kampung Halaman:

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(abw/idh)