Wagub Sulsel: 10 Ribu Orang Mendaftar untuk Dievakuasi dari Wamena

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Senin, 30 Sep 2019 09:06 WIB
Evakuasi korban dan pengungsi dari Wamena. (Dok Dispen TNI AU).
Jakarta - Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman berada di Wamena, Papua untuk melihat langsung para pengungsi Sulsel. Dia menyebut pasca konflik di Wamena, sudah sekitar 10 ribu warga yang meminta untuk dievakuasi.

"Wamena sudah mulai kondusif, hanya kondisi perekonomian yang lumpuh total. Menurut informasi, hari ini anak sekolah sudah masuk sekolah. Masyarakat yang telah didaftar untuk dievakuasi sebanyak kurang lebih 10.000 orang," kata Andi Sudirman Sulaiman lewat keterangannya, Senin (30/9/2019).

Ia menjelaskan, kunjungannya ke Papua untuk bertemu langsung masyarakat Sulawesi Selatan yang menjadi korban di Wamena. Menurutnya, Pemerintah Papua telah melakukan berbagai macam pendekatan, mulai dari menjalin komunikasi dengan tokoh masyarakat dan pemuka agama, sampai pendekatan kultural dan agama.

"Pemerintah Papua telah dan terus melakukan berbagai macam pendekatan untuk meredam konflik yang terjadi di Wamena, semoga saudara kita asal Sulawesi Selatan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ungkapnya.