Tentang Kerusuhan di Papua hingga Pencopotan Kapolda

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 28 Sep 2019 09:41 WIB
Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja. (Foto: Dok. Humas Polda Papua/via Antara)


Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, total korban tewas akibat demo berujung anarkis di Wamena, Jayawijaya, Papua, berjumlah 30 orang. Lukas, yang mewakili pemerintah, juga menyampaikan dukacita kepada keluarga korban. Lukas mengatakan aksi anarkistis itu terjadi tiba-tiba tanpa diketahui pemerintah.

Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda Swadaya mengatakan tidak ada mayat pada penyisiran hari ketiga. Kapolres mengatakan sudah ada beberapa orang yang ditangkap untuk mendalami aksi kriminal kemarin.

"Sementara kita pendalaman jadi saya belum publikasi. Nanti, setelah jelas arahnya, siapa aktornya baru kita publikasi. Yang diamankan sementara 7 orang," ucap Tonny terpisah.



Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian merotasi sejumlah pejabat kapolda. Salah satunya Kapolda Papua. Irjen Rudolf A Rodja dimutasi jadi Analisa Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Posisinya diganti oleh Irjen Paulus Waterpau.

Mutasi itu tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor: ST/2569/IX/KEP/2019 ter tanggal Jumat (27/9/2019). Surat itu ditandatangani AS SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri S.
(idn/idh)