detikNews
2019/09/27 19:10:02 WIB

Jumat Keramat dari KPK untuk 2 Menteri Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 4
Jumat Keramat dari KPK untuk 2 Menteri Jokowi Gedung Merah-Putih KPK (Foto: dok. detikcom)
Jakarta - Berselang setahun, dua orang yang pernah berada di lingkaran dalam pemerintahan 'berseragam' rompi oranye dengan tulisan di bagian punggungnya 'Tahanan KPK'. Siapa mereka?

Adalah Imam Nahrawi sebaga mantani Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), yang pada masa akhir jabatannya dijerat KPK. Pada pertengahan September ini, Imam ditetapkan KPK sebagai tersangka. Atas status itu, kemudian Imam mundur dari jabatannya.

Dia diduga terlibat dalam pusaran kasus suap terkait dana hibah dari Kemenpora untuk KONI. Totalnya, menurut KPK, Imam menerima Rp 26,5 miliar melalui asisten pribadinya yang bernama Miftahul Ulum.




"Dalam rentang 2014-2018, IMR (Imam Nahrawi) selaku Menpora melalui MIU (Miftahul Ulum) selaku asisten pribadi Menpora diduga telah menerima uang sejumlah Rp 14,7 miliar," kata Wakil Ketua Alexander Marwata di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu, 18 September lalu.

Selain itu, Alexander menyebutkan ada penerimaan lain senilai Rp 11,8 miliar untuk Imam dalam rentang 2016-2018. KPK menduga uang-uang yang diterima Imam itu adalah jatah baginya atas pengurusan proposal hibah yang diajukan KONI ke Kemenpora, penerimaan terkait Ketua Dewan Pengarah Satlak Prima, dan penerimaan lain.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com