Di Sidang Akhir MPR, Zulkifli Hasan Sampaikan Terima Kasih ke Jokowi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 27 Sep 2019 13:30 WIB
Zulkifli Hasan (Rolando/detikcom)
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengucapkan terima kasih kepada lembaga negara yang telah mendukung kinerja MPR masa jabatan 2014-2019. Zulkifli menyampaikan terima kasih secara khusus kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Lembaga-lembaga negara, khususnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Ir H Joko Widodo, yang selalu menyatakan kesediaannya untuk menghadiri sidang tahunan MPR sehingga menjadi konvensi ketatanegaraan yang perlu terus dipertahankan," kata Zulkifli di ruang sidang paripurna I, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2019).

"Lima tahun berturut-turut beliau hadir, oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih. Tepuk tangan untuk Pak Jokowi," imbuhnya.


Zulkifli juga menyampaikan permohonan maaf kepada rakyat Indonesia. Ia meminta maaf jika kinerja MPR 2014-2019 dinilai belum maksimal.

"Kami juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia apabila selama masa jabatan 2014-2019 kami selaku pimpinan MPR belum dapat melaksanakan tugas dengan baik atau dinilai masih ada hal yang belum dilaksanakan sebagaimana diamanahkan oleh rakyat dan bangsa Indonesia," ujarnya.


Selain itu, Zulkifli mengucapkan selamat kepada anggota MPR yang nanti akan menjabat pada periode 2019-2024. Ia berharap anggota MPR dapat menjalankan tugas dengan baik.

"Kepada anggota MPR yang baru yang akan mengucapkan sumpah janji pada tanggal 1 Oktober mendatang, kami mengucapkan selamat datang dan kiranya dapat terus meningkatkan kualitas pelaksanaan wewenang dan tugas konstitusionalnya serta dapat menuntaskan rekomendasi MPR masa jabatan 2014-2019," tuturnya.

Tak ketinggalan, Zul pun menutup sidang terakhir MPR masa jabatan 2014-2019 dengan dua buah pantun.

Hidup damai di bawah NKRI
Aman sentosa dalam kebhinnekaan
Kami mohon undur diri
Silap dan salah mohon dimaafkan

Gelora bangsa di dalam dada
Tersalurkan melalui demokrasi
MPR RI akan selalu ada
Mengawal Pancasila dan konstitusi


10 Kursi Pimpinan MPR, untuk Apa? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/gbr)